Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Teknologi Pendidikan Terbaru

  • Whatsapp
Pemantauan Webcam di Tempat Kerja: 80% Karyawan Merasa Tidak Nyaman dengan Ide Tersebut

Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Teknologi Pendidikan Terbaru. Cara kita belajar, berkomunikasi, dan hidup semuanya telah mengalami perubahan yang signifikan karena kemajuan teknologi. Karena banyaknya alat teknologi untuk pendidikan, bidang ini telah mengalami perubahan fenomenal. Penggabungan gadget dalam lingkungan pendidikan telah membuka jalan bagi pembelajaran kontemporer, yang ditandai dengan penekanan yang lebih besar pada keterlibatan, interaksi, dan individualisasi.

Akibat pandemi COVID-19, pembelajaran di kelas konvensional terganggu, dan pembelajaran jarak jauh telah menjadi standar di seluruh dunia. Hal ini telah mempercepat pengembangan EdTech secara global. Kami akan menyelidiki perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan, termasuk alat dan tren, serta bagaimana kemajuan ini mengubah lanskap pendidikan.

 

Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Teknologi Pendidikan Terbaru

Lingkungan Pembelajaran Tersedia secara Online

Sementara lingkungan pembelajaran online telah ada sejak lama, prevalensinya meningkat secara signifikan sebagai akibat dari pandemi. Kursus yang mencakup berbagai topik dapat ditemukan di platform pembelajaran online seperti Coursera, Udemy, dan Khan Academy. Ini semua merupakan tren teknologi dalam pendidikan yang telah menjadi viral selama beberapa tahun. Peserta didik dapat mengakses platform-platform ini dari lokasi mana pun, kapan saja, dan melalui pelajaran dengan kecepatan mereka sendiri. Pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam dimungkinkan bagi para siswa saat mereka mengikuti kegiatan seperti kuis interaktif, menonton kuliah video, dan menyelesaikan tugas. Platform-platform ini juga memberikan sertifikat kepada peserta didik setelah menyelesaikan kursus dengan sukses, yang dapat mereka sertakan dalam resume untuk menunjukkan pengetahuan dan keahlian yang mereka peroleh.

Sistem Manajemen Pembelajaran

Sistem manajemen pembelajaran, kadang-kadang dikenal sebagai LMS (Learning Management System), adalah program perangkat lunak yang membantu guru dalam administrasi dan distribusi materi pembelajaran kepada siswa. Ini memberikan platform terpadu kepada instruktur dari mana mereka dapat mengelola pendaftaran siswa, memantau kemajuan siswa, menghasilkan dan menilai tugas, dan lain-lain. Seiring perguruan tinggi dan universitas beralih ke pembelajaran online, pemahaman tentang sistem manajemen pembelajaran menjadi semakin populer dalam produk ed tech. Apa saja sistem terkenal dari jenis ini?

  1. Canvas.
  2. Blackboard.
  3. Moodle.

Kecerdasan Buatan

Metode di mana manusia memperoleh pengetahuan sedang mengalami revolusi oleh kecerdasan buatan (AI), yang memungkinkan pengalaman pembelajaran yang lebih individual. Sistem pembelajaran adaptif yang didorong oleh AI, seperti DreamBox dan Carnegie Learning, memberikan rute pembelajaran yang disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan siswa. Platform-platform ini menggunakan algoritma untuk menentukan di mana kekurangan pengetahuan siswa dan kemudian memberikan konten pendidikan yang disesuaikan untuk membantu mereka mengisi kekosongan tersebut. Para peserta didik dapat mendapatkan dukungan cepat melalui chatbot yang didukung oleh AI seperti:

  1. IBM’s Watson Assistant.
  2. chatbot Duolingo.

Gamifikasi

Penggunaan mekanisme dan strategi permainan dalam lingkungan pembelajaran yang bukan permainan disebut sebagai gamifikasi. Karena membuat pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif, gamifikasi telah mendapatkan banyak penggemar di bidang pendidikan. Pembelajaran menjadi lebih menarik dengan pengenalan komponen gamifikasi pada platform seperti Classcraft dan Kahoot. Classcraft membawa sensasi bermain video game fantasi ke dalam kelas dengan memasukkan komponen permainan seperti poin, level, dan avatar. Di sisi lain, Kahoot menggunakan kuis berbasis permainan untuk melibatkan peserta didik dengan cara yang menghibur dan partisipatif.

Reality Virtual dan Augmented

Dengan menawarkan pengalaman yang imersif dan menarik, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) mengubah cara kita memperoleh pengetahuan. Untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih imersif bagi peserta didik di berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan, teknik, dan sejarah, keduanya digunakan. Peserta didik dapat merasakan dunia tanpa harus secara fisik meninggalkan kelas mereka karena tersedianya ekskursi lapangan virtual melalui platform seperti Google Expeditions, Nearpod, dan ZSpace. Anatomy AR dan Spacecraft AR adalah dua contoh aplikasi augmented reality yang memungkinkan pengalaman belajar interaktif dengan menghidupkan ide-ide abstrak.

Mobile Learning

Mobile learning adalah tren baru di dunia pendidikan. Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seperti smartphone dan tablet, peserta didik akan memiliki lebih banyak mobilitas dalam mengakses materi instruksional. Dalam hal ini, layanan yang dapat diberikan oleh penulis esai perguruan tinggi hanya beberapa klik saja. Selain itu, aplikasi seperti Quizlet, Memrise, dan Duolingo memberikan cara belajar yang dinamis dan menarik bagi peserta didik yang ingin belajar sambil bergerak. Untuk memfasilitasi pembelajaran di mana saja, aplikasi ini mengkondensasi materi kursus menjadi bagian-bagian yang mudah diatur. Mereka yang ingin belajar bahasa baru seringkali beralih ke perangkat seluler dan aplikasi yang dirancang khusus untuk tujuan itu.

3D Printing

Teknologi pencetakan 3D adalah salah satu alat yang dapat digunakan oleh pendidik untuk mengubah pendidikan dengan memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan praktis melalui partisipasi langsung. Dengan menggunakan printer 3D, siswa dapat mengambil ide digital mereka dan mengubahnya menjadi produk nyata, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Ilmu pengetahuan, teknik, dan seni hanya beberapa bidang yang telah diuntungkan dari penggunaan teknologi pencetakan 3D untuk mengilustrasikan ide-ide abstrak secara lebih baik. Dengan harga yang semakin terjangkau dan ketersediaan yang semakin meningkat, teknologi ini menjadi alat yang dapat digunakan di kelas.

Customized Learning

Penggunaan teknologi pendidikan yang disesuaikan semakin umum dalam kelas-kelas saat ini. Pembelajaran yang disesuaikan adalah strategi pengajaran di mana materi pembelajaran diubah untuk setiap siswa agar lebih memenuhi kebutuhan dan minat mereka yang unik. Knewton dan Smart Sparrow adalah dua contoh sistem pembelajaran personalisasi yang menggunakan algoritma pembelajaran adaptif untuk menyediakan rencana pembelajaran yang disesuaikan untuk setiap siswa. Dengan menggunakan analitik, sistem-sistem ini memantau perkembangan setiap siswa dan memberikan saran-saran spesifik untuk perbaikan.

Robotika

Bidang robotika adalah salah satu tren dalam teknologi pendidikan yang sedang merevolusi dengan memberikan pengalaman praktis bagi siswa dalam ilmu komputer, teknik, dan mekanik. Siswa dapat memiliki pengalaman belajar yang lebih langsung dan menarik dengan menggunakan kit robotika seperti Lego Mindstorms dan Vex Robotics. Pendidik semakin memilih robotika sebagai cara untuk memperkenalkan siswa pada dasar-dasar pemrograman dan teknik.

Kesimpulan

Belajar telah menjadi lebih mudah diakses, menarik, dan personal karena peluang baru yang telah dibuka oleh kemajuan dalam wawasan teknologi pendidikan. Perkembangan terbaru dalam metode pengajaran dan teknologi pendidikan merombak lanskap pendidikan dan akan terus melakukannya ke depan. Pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan mendalam jika industri edtech baru dikembangkan, yang merupakan sesuatu yang dapat kita antisipasi terjadi jika teknologi terus berkembang pada tingkat pengembangan saat ini. EdTech mengubah cara kita belajar, dan akan terus melakukannya dalam beberapa tahun ke depan. Beberapa contoh inovasi edtech meliputi platform pembelajaran online, pembelajaran adaptif yang didukung kecerdasan buatan, dan realitas virtual dan augmentasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *